SKENARIO PEMBELAJARAN
OLEH : IKA SITI RIKAYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI
Kelas /Semeter : XI-IPA/Ganjil
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar : 1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)
Alokasi waktu 45 Menit.
Indikator
Menjelaskan mekanisme difusi
Menjelaskan mekanisme osmosis pada memberan plasma
Membandingkan mekanisme difusi dan osmosis memberan
Melaksnakan praktikum untuk menjelaskan mekanisme proses osmosis.
Tujuan
Setelah melakukan diskusi siswa mampu menjelaskan mekanisme difusi
Setelah siswa melakukan diskusi siswa mampu menjelaskan mekanisme osmosis pada membran plasma
Setelah siswa melakukan diskusi siswa mampu membandingkan mekanisdme difusi dan osmosis membran.
Setelah melakukan percobaan siswa mampu membuktikan mekanisme proses osmosis.
Mekanisme transpor pada memberan plasma (difusi dan osmosis)
(Struktur makro terlampir)
Rincian Pembelajaran
Kegiatan awal : (5 menit)
Apersepsi:
Guru menampilkan gambar secangkir teh di depan kelas. (gambar terlampir)
Siapa yang pagi tadi minum teh manis?
Coba jelaskan kenapa teh kalian yang diminum tadi pagi bisa manis dan berwarna coklat?
Motivasi:
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
Bagaimana fungsi dari membran plasama sebagai bagian dari sel?
Guru menginformasikan acuan belajar dengan menyebutkan tujuan pembelajaran.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok untuk melakukan proses pengamatan . Satu kelompok terdiri dari lima orang siswa.
Kegiatan Inti: (35 menit)
Guru mengulas secara singkat materi pelajaran yang akan dipelajari.
Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) kepada masing-masing siswa.
Guru menjelaskan secara singkat prinsip kegiatan yang akan dilaksanakan.
Guru menyiapkan perangkat percobaan yang akan dilaksanan siswa.
Siswa mulai melaksanakan percobaan dan siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya.
Siswa dan guru melakukan diskusi kelas mengenai hasil pengamatan dan hasil percobaan yang telah dilakukan.
Kegiatan Akhir (8 menit)
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membuat kesimpulan.
Siswa melakuna test formatif (terlampir)
Memberikan informasi materi pada tatap muka berikutnya.
Pendekatan : Inkuairi
Model : Inkuairi terbimbing
Metode : Praktikum dan Diskusi
PPT (gambar secangkir teh)
Media Rancangan (alat praktikum)
Lembar diskusi siswa
Penilaian Assesmen Kinerja
Penilaian Lembar Kerja Siswa (LKS)
Test Formatif.
Lampiran 2 :
Gambar secangkir teh yang ditampilkan di depan kelas!
Lampiran 3 :
Perangkat Percobaan
Rangkaian penyusunan alat dan bahan
Rancangan bahan yang akan digunakan:
Larutan gula merupakan larutan hipertonis
Larutan air merupakam larutan hipotonis.
No comments:
Post a Comment