Laman

Wednesday, 1 September 2021

RPP Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan

 


SKENARIO PEMBELAJARAN

OLEH : IKA SITI RIKAYAH

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI



Kelas /Semeter : XI-IPA/Ganjil

Standar Kompetensi : 1.  Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan

Kompetensi Dasar :  1.3  Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)

Alokasi waktu  45 Menit.


Indikator

  1. Menjelaskan mekanisme difusi

  2. Menjelaskan mekanisme osmosis pada memberan plasma

  3. Membandingkan mekanisme difusi dan osmosis memberan 

  4. Melaksnakan praktikum untuk menjelaskan mekanisme proses osmosis.

Tujuan

  1. Setelah melakukan diskusi siswa mampu menjelaskan mekanisme difusi 

  2. Setelah siswa melakukan diskusi siswa mampu menjelaskan mekanisme osmosis pada membran plasma

  3. Setelah siswa melakukan diskusi siswa mampu membandingkan mekanisdme difusi dan osmosis membran.

  4. Setelah melakukan percobaan siswa mampu membuktikan mekanisme proses osmosis.


Analisis Materi

Mekanisme transpor pada memberan plasma (difusi dan osmosis)

(Struktur makro terlampir)


Rincian Pembelajaran


Kegiatan awal : (5 menit)

Apersepsi:

  • Guru menampilkan gambar secangkir teh di depan kelas. (gambar terlampir)

  • Siapa yang pagi tadi minum teh manis?

  • Coba jelaskan kenapa teh kalian yang diminum tadi pagi bisa manis dan berwarna coklat?

Motivasi:

  • Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.

  • Bagaimana  fungsi dari membran plasama sebagai bagian dari sel?

  • Guru menginformasikan acuan belajar dengan menyebutkan tujuan pembelajaran.

  • Siswa dibagi menjadi empat kelompok untuk melakukan proses pengamatan . Satu kelompok terdiri dari lima orang siswa.  

Kegiatan Inti: (35 menit)

  • Guru mengulas secara singkat materi pelajaran yang akan dipelajari.

  • Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) kepada masing-masing siswa.

  • Guru menjelaskan secara singkat prinsip kegiatan yang akan dilaksanakan.

  • Guru menyiapkan perangkat percobaan yang akan dilaksanan siswa.

  • Siswa mulai melaksanakan percobaan dan siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya.

  • Siswa dan guru melakukan diskusi kelas mengenai hasil pengamatan dan hasil percobaan yang telah dilakukan.

  1. Kegiatan Akhir (8 menit)

  • Guru menunjuk beberapa siswa untuk membuat kesimpulan.

  • Siswa melakuna test formatif (terlampir)

  • Memberikan informasi materi pada tatap muka berikutnya.


Pendekatan, Model, dan Metode

Pendekatan : Inkuairi 

Model : Inkuairi terbimbing

Metode : Praktikum dan Diskusi



Media Pembelajaran

  • PPT (gambar secangkir teh)

  • Media Rancangan (alat praktikum)

  • Lembar diskusi siswa 


Evaluasi
  1. Penilaian Assesmen Kinerja

  2. Penilaian Lembar Kerja Siswa (LKS)

  3. Test Formatif.




Lampiran 2 :

Gambar secangkir teh yang ditampilkan di depan kelas!


Lampiran 3 :

Perangkat Percobaan

Rangkaian penyusunan alat dan bahan


  




Rancangan bahan yang akan digunakan:

Larutan gula merupakan larutan hipertonis

Larutan air merupakam larutan hipotonis.








  

No comments:

Post a Comment